5 Prinsip Peningkatan Produktivitas Harian - Motivateasy

5 Prinsip Peningkatan Produktivitas Harian


    
Umumnya kita seringkali menginginkan semua pekerjaan dapat kita selesaikan dengan hasil maksimal tepat pada waktunya, namun hingga akhir batas waktu kita cenderung hanya berangan dan pada batas akhirnya kita mengerjakannya dengan terburu-buru kemudian memberikan kompensasi berupa pekerjaan asal selesai. terdengar familiar? 

    Kalo iya, maka mungkin hal dibawah ini dapat menjadi referensi untuk kalian dalam meningkatkan produktivitas sehingga seluruh pekerjaan yang kita miliki dapat diselesaikan dengan cara yang lebih baik dan beradab ðŸ˜„. 

1. Plan and Priority

Pada setiap malam atau setiap selang waktu tertentu (misalnya seminggu atau sebulan), buatlah daftar secara umum mengenai pekerjaan yang ingin kita lakukan setiap hari, kemudian dari daftar tersebut buatlah skala prioritas sesuai dengan tingkat pentingnya pekerjaan tersebut. 

Jangan terlalu berambisi melakukan banyak pekerjaan pada awal perencanaan, berikanlah jumlah pekerjaan dan jeda istirahat yang rasional. Semakin lama kita melakukan perencanaan ini maka kita akan semakin mengenali dan pandai menilai seberapa besar kapasitas dirimu dalam melakukan berbagai jenis pekerjaan.
  
2. Hindari gangguan!!!

Saat memulai pekerjaan, pastikan semua hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi sudah diminimalisir atau dihilangkan. Cobalah untuk bertahan sekitar 10 menit lebih lama untuk tidak mengikuti keinginan bermain game, membuka media sosial, maupun sekedar mengecek feed, biasanya sebelum 10 menit berlalu kita sudah terlupa keinginan tersebut dan kembali konsentrasi pada hal yang kita  kerjakan. Jangan pernah menuruti keinginan untuk cheating dengan mengambil jeda dengan alasan "sebentar", karena kita sama-sama tahu bahwa "sebentar" pada saat bekerja itu tidak sebentar😓.

3. Waktu dan tempat

Setiap orang memiliki tempat dan waktu yang paling optimal dalam melakukan pekerjaan, ya mungkin yang bekerja sebagai employee atau mahasiswa memiliki tempat dan waktu rutin di kantor dan kampus, namun yang dimaksud disini adalah kombinasi favorit kita yang unik pada setiap individu. Semisal saya memiliki kenyamanan berada di mid-area apabila melakukan pekerjaan crowded-indoor, namun sebaliknya saya menyukai area samping yang lebih sepi dan tenang apabila bekerja outdoor. Tentu saja ini disesuaikan lagi dengan jenis pekerjaan serta kenyamanan masing-masing ya...

4. Posisi dan gesture

Salah satu hal yang penting dan banyak meningkatkan produktivitas menurut saya adalah posisi dalam melakukan setiap pekerjaan. Mulai saat ini, cobalah untuk melakukan semua pekerjaan dengan posis ergonomis dan menggunakan gestur tubuh yang baik. Apabila anda dalam posisi duduk, pastikan tulang punggung anda melurus, bahu anda terbuka lebar dan jangan menundukkan leher berlebihan,serta posisikan kaki anda senyaman mungkin. Sedangkan apabila anda sedang dalam keadaan berdiri,  tegakkanlah kaki anda secara maksimal, bernafaslah dengan maksimal, pandangan mata kedepan dan gunakan gerakan tangan untuk memperjelas maksud anda. Jangan lupa untuk selalu berfikiran positif!

5. Boosting routine 

Keunikan dari tiap individu adalah rutinitas awal yang berbeda-beda dalam memulai pekerjaan. kita harus mengenali diri sendiri dan mengetahui rutinitas apa yang saat kita lakukan dapat menambah kepercayaan dirimu untuk berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan yang sedang dihadapi. Rutinitas ini tidak berhubungan dengan pekerjaan, namun dapat meningkatkan kemampuan kita secara psikologis. Beberapa orang mungkin memulai hari hebatnya dengan secangkir kopi, musik yang disukainya, berolahraga ringan, atau hanya dengan mencium aroma tertentu.

Dan pada akhirnya hal yang menjadi dasar dari seluruh perencanaan adalah pelaksanaan. Yap, mengetahui semua hal diatas tidak akan membantu menyelesaikan pekerjaan apalagi meningkatkan produktivitas anda. Hal paling awal dan paling wajib kita kerjakan adalam memulai. 


So please, start now.