No Impulsive buying? Ketahui Trik Marketingnya! - Motivateasy

No Impulsive buying? Ketahui Trik Marketingnya!



Dari rumah sudah berniat hanya membeli satu barang, tapi ketika membayar dikasir selalu ada tambahan pernak pernik tambahan.
Jika anda (sering) merasakan hal tersebut, mungkin anda secara tidak sadar telah jatuh kedalam skema para penjual untuk mendapatkan pembelian dari anda yang lebih tinggi dari rencana awal anda. Untuk menghindari keadaan tersebut, penting bagi anda untuk mengetahui berbagai trik yang digunakan sehingga dapat menyadari dan menghindarinya sehingga target finansial anda dapat tercapai sesuai keinginan.

Membuat jalur pelanggan

Apakah kamu menyadari bahwa ketika kita membeli keperluan harian, selalu berada dibagian dalam toko? hal ini menyebabkan kita harus melalui banyak rak yang berisi produk menarik yang mungkin saja menggugah selera kita untuk membeli secara langsung.

Barang murah dekat kasir

Tentunya anda sudah hafal dengan trik yang satu ini, mereka menempatkan beberapa permen, barang promosi atau mainan kecil dekat kasir untuk ditawarkan saat kita sedang melakukan transaksi pembayaran. Klise, namun seringkali masih sangat efektif.

Barang yang berkaitan saling dekat 

Mereka menyusun barang yang mungkin dibeli secara bersamaan, misalnya, sabun pencuci piring dengan penggosoknya, atau detergen dengan softener dan pewangi. Meski kadang kita tahu bahwa kita masih memiliki stok yang cukup, secara spontan kita cenderung membelinya secara bersamaan. 

Barang promosi paket

Beberapa barang yang sulit untuk dipromosikan kembali umumnya dijual murah dalam paket bersama barang yang sangat diperlukan. Misalnya, gula (brand yang sulit laku sendiri), akan dipaketkan dengan beras yang bersifat fast-moving. Mereka membuat kita berfikir bahwa kita mendapatkan gula murah karena membeli paket, padahal sebenarnya mereka diuntungkan dengan berjalannya stok mereka yang macet.

Produk konsumsi dekat antrian

Antri seringkali sangat membosankan, terutama pada saat banyak pelanggan yang membayar bersamaan. Coba perhatikan sekitarmu, apakah ada tumpukan buah siap makan, minuman segar, atau air mineral? Ketika bosan, kita memiliki kecenderungan untuk melakukan sesuatu yang menyegarkan otak, dan makanan serta minuman (yang sengaja disediakan disekitar anda) adalah pilihan yang paling tepat bagi anda saat itu!

Trik cahaya warna pola

Sadari warna rak dan kemasan produk yang umumnya mencolok, mengkilat, dan ditambah dengan efek sorotan lampu yang terang akan memperindah tampilan dari produk tersebut. Para penjual pun sudah mengatur susunan warna yang seirama dan seragam agar membuat mata pelanggan terpesona dan memperhatikan produk mereka lebih antusias.

Selisih harga yang jauh pada produk serupa

Ketika ada 2 jenis barang berbeda brand, dengan harga yang jauh berbeda namun kualitas relatif sama, manakah yang secara logis anda pilih? Benar, dengan cepat kita akan memilih yang lebih ekonomis dan merasa untung. Tahukah anda bahwa seringkali produk sejenis yang lebih mahal tersebut sebenarnya sudah di mark-up untuk membuat produk disampingnya terlihat lebih murah?

Demo produk

Perasaan dipercaya, sedikit sungkan, dan indera yang bias ketika pelanggan mencoba produk sampel akan membuat penjualan produk berjalan lebih lancar dan cenderung berhasil tanpa usaha yang terlalu sulit. Tambahan kata "promo-promo" yang digemborkan sales juga akan membuat anda semakin yakin untuk membelinya, bukan?

Membuat produk musim

Insting bertahan hidup telah membuat kita memprediksi dan mempersiapkan berbagai kondisi yang mungkin akan kita alami dimasa depan. Menjual produk musiman memanfaatkan kondisi persiapan kita tersebut untuk menigkatkan penjualan. Kita merasa telah mendapatkan bantuan untuk menyiapkan kondisi yang akan datang, sedangkan penjual dapat mengambil keuntungan tambahan dari hal tersebut. Namun seringkali paket produk yang disediakan memiliki harga yang mahal, atau kualitas yang kurang baik.

Penjaga yang menarik

Trik terakhir ini tentu saja sangat jelas. Mereka mempekerjaan sales produk untuk menawarkan produk pada pelanggan yang lewat, umumnya digunakan perempuan yang masih muda karena dapat menangani baik pria (daya tarik seksual) maupun wanita (daya tarik sesama gender). Jangan tanyakan berapa peningkatan penjualan ketika para sales ini telah terlatih melihat potensi pelanggan.

Demikian trik yang digunakan para penjual dalam meningkatkan penjualan mereka terhadap pelanggan, dengan memanfaatkan berbagai metode sehingga tercipta suatu perasaan spontan bahwa mereka perlu dan harus membeli produk tersebut, atau kita sebut sebagai impulsive-buying.

Source : shopify